Recent Posts

Posts RSS

POTENSI JEPARA

Jepara dikenal sebagai kota ukir, karena terdapat sentra kerajinan ukiran kayu ketenarannya hingga ke luar negeri. Kerajinan mebel dan ukir ini tersebar merata hampir di seluruh kecamatan dengan keahlian masing-masing. Namun sentra perdagangannya terlekat di wilayah Ngabul, Senenan, Tahunan, Pekeng, Kalongan dan Pemuda. Selain itu, Jepara merupakan kota kelahiran pahlawan wanita Indonesia Raden Ajeng Kartini.
Potensi Kabupaten Jepara :
  • Industri Mebel Ukir Jepara. Industri ini tersebar luas di hampir semua kecamatan Jepara, kecuali Kecamatan Karimun Jawa
  • Kerajinan Patung & Ukiran. Sentra Kerajinan ini terdapat di desa Mulyoharjo Jepara. Di sana terdapat lebih dari 90 pengusaha di bidang kerajinan Patung dan Ukiran
  • Kerajinan Relief.Sentra Kerajinan ini terdapat di Desa Senenan, dekat Rumah Sakit Kartini Senenan Jepara.
  • Mebel & Kerajinan Rotan. Kerajinan rotan in terkumpul di Desa Teluk Sidi Jepara.
  • Tenun Ikat Troso (sarung, sprei, korden, bahan baju terbuat deri sutra dan katun). Sentra Tenun ini tersentra di daerah Troso, Pecangaan Jepara.
  • Kerajinan Monel
  • Kerajinan Gerabah Mayong
  • pariwisata
Industri Mebel dan Kerajinan merupakan industri andalan kabupaten Jepara. Industri tersebut telah menjadi tulang punggung perekonomian Jepara. pariwisata Jepara memiliki banyak objek menarik yang dapat dikembangkan lebih baik lagi, diantaranya Pantai Kartini, Bandengan dan karimun jawa. karena keterbatasan APBD yang ada, maka pengembangan pun belum optimal. selain itu, yang saat ini menarik adalah wisata budaya dan wisata industri. industri mebel dan ukir jepara yang berbasis HOME INDUSTRI dan merupakan kerajinan tangan dapat pula dikembangkan menjadi wisata industri sekaligus wisata belanja produk kerajinan jepara.

1 comments:

mazliqpati said...

benar jepara adalah kota sejarah kota penuh potensi-fakta sejarah,sosial-ekonomi-budaya-agama. jepara terdahulu(pioner)bahkan pelopor kebebasan hak kaum wanita pertama lahir dan ada di kota jepara.dari sejarah tokoh wanita
ketegasan dan keadilan ratu sima-ketekatan dan keberanian ratu kali nyamat serta keteguhan dan pemikiran RA kartini.sosial,srata sosial yang ragam hidup berdampingan,agama kita bisa lihat makam wali syeh siti jenar-masjid sunan mantingan serta,klenteng cina di porwogondo.dan syiar islam serta lembaga-lembaga keagamaan yang di berbagai tempat.dari ekonomi kita bisa lihat banyak nya instansi finantia(keuangan)menunjuk kan laju perekonomian di sana.budaya.kita bisa lihat semangat pelestarian budaya kita lihat dengan bentuk bentuk keseniaan budaya dulu yang masih kita jumapi.
kritik fakta.di aspek ekonomi-agama-sosial jepara perlu rekontruksi(pembenaan).secara pribadi saya akui cover kota jepara maju,,sejarah kemajuan kiat bisa mereview bagaimana jepara ekonomi di era 1997-2000.kita lihat fakta sosial sekarang.bagaimana ekonomi-sosial-agama?bentuk kejahatan-kenakalan remaja*yang ada sekarang bukan jepara kota srikandi tapi image wanita jepara(cewek matre-kejam)

Post a Comment

Pariwisata di Jepara

Jepara merupakan sebuah kota indah di kaki gunung muria,boleh di bilang jepara merupakan kota yang sangat komplit (ibarat toko serba ada) walaupun tergolong sebuah kota kecil.Di sebelah timur di kawal dengan keexotisan gunung muria,di sebelah selatan terhampar pantai dengan panorama yang indah,dan masih banyak lagi keistimewaan yang lain.Temukan keistimewaan Jepara di sini.