Recent Posts

Posts RSS

Sunami Mentawai


Korban tewas akibat tsunami yang terjadi di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, kini telah menembus jumlah 108 orang. Sedangkan jumlah orang yang hilang sebanyak 502 orang.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Anto Rizon, mengatakan, jumlah korban masih relatif karena hingga saat ini masih dalam proses pendataan.


Banyaknya korban tersebut, disebabkan tsunami terjadi di waktu malam saat warga sedang tertidur. Sehingga kurang tanggap menghadapi kondisi darurat, meski didahului gempa berkekuatan 7,2 skala richter (SR) pada Senin (25/10) pukul 21.40 WIB.

Sekitar 20 menit kemudian, tsunami dengan ketinggian 4-6 meter menggulung warga yang umumnya tinggal di pesisir pantai. “Tsunami mencapai daratan sejauh 600 meter dari garis pantai,” lanjutnya.

Anto memaparkan, korban tsunami berasal dari 10 nagari yang termasuk dalam empat kecamatan pada Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumbar. Kecamatan tersebut yaitu Pagai Utara, Pagai Selatan, Sipora, dan Sikakap. Sekitar 640 kepala keluarga kini telah berada di tempat-tempat pengungsian yang telah ditentukan sebelumnya oleh pemerintah.

Meski kondisi daerah yang sulit, namun pihaknya telah melakukan proses evakuasi. Tenda-tenda pengungsian dan bantuan makanan juga telah diberikan. Sedikitnya 640 kepala keluarga tinggal di tempat-tempat pengungsian tersebut.
“Proses evakuasi masih berlangsung, termasuk mencari korban yang belum ditemukan,” ucapnya.

Sementara itu, data terakhir yang dilansir Kementerian Kesehatan mencatat korban yang tewas akibat tsunami sebanyak 113 orang dan 150 orang yang hilang.

0 comments:

Post a Comment

Pariwisata di Jepara

Jepara merupakan sebuah kota indah di kaki gunung muria,boleh di bilang jepara merupakan kota yang sangat komplit (ibarat toko serba ada) walaupun tergolong sebuah kota kecil.Di sebelah timur di kawal dengan keexotisan gunung muria,di sebelah selatan terhampar pantai dengan panorama yang indah,dan masih banyak lagi keistimewaan yang lain.Temukan keistimewaan Jepara di sini.